Selasa, 02 Oktober 2012

Kingdom Heart rilis 3D

Kingdom Hearts 3D: Dream Drop Distance



Sejak dirilis untuk pertama kalinya di tahun 2002 hingga sekarang, Kingdom Hearts telah berkembang menjadi sebuah franchise yang cukup sukses dan juga unik karena berhasil memadukan dua universe yang berbeda. Tidak hanya itu, storyline-nya juga semakin berkembang menjadi sebuah kisah epik yang cukup kompleks tapi menarik untuk disimak, meski kadang sedikit membingungkan. And now, setelah menjalani masa pengembangan yang memakan waktu sekitar 2 tahun, gamer dapat menemui seri Kingdom Hearts pertama yang hadir di handheld Nintendo 3DS dalam waktu dekat ini, yakni Kingdom Hearts 3D: Dream Drop Distance.


A TEST OF COURAGE
Berdasarkan event yang terjadi dalam Kingdom Hearts II, diceritakan bahwa Sora dan Riku berhasil mengalahkan dua musuh berbahaya yakni Ansem dan Xemnas. Namun karena keduanya merupakan "pecahan" dari penjahat utama dalam dunia Kingdom Hearts yakni Xehanort, jiwa mereka pun kembali ke dalam kegelapan sehingga bersatu kembali dengan Xehanort dan menjadi sosok yang utuh. Sebagai tindakan untuk mengantisipasi kebangkitan musuh utama mereka, Yen Sid memutuskan untuk menjadikan Sora dan Riku sebagai seorang Keyblade Master, dengan menempatkan mereka dalam ujian yang dinamakan Mark of Mastery Exam. Dan tugas utama yang diemban oleh kedua jagoan kita adalah "membangunkan" kembali 7 dunia dalam World of Sleep yang masih "tertidur", dengan jalan membuka Keyhole of Sleep, serta mengembalikan ketujuh dunia tersebut ke tempat yang seharusnya.

Mendengar kabar itu, Sora yang percaya diri dengan kemampuannya merasa bahwa dirinya tidak perlu menjalankan Mark of Mastery Exam untuk dapat mengalahkan Xehanort. Namun begitu mengetahui bahwa sahabatnya Riku meragukan kemampuan dirinya sendiri, karena sebelumnya ia pernah terjerumus kedalam kegelapan, Sora akhirnya setuju untuk menjalankan ujian tersebut demi membantu sahabatnya. Berhasilkah mereka menyelesaikan ujian yang berat ini serta meraih gelar sebagai Keyblade Master?

Tetsuya Nomura selaku director untuk game tersebut menyatakan bahwa hanya sebagian dari cerita berkisar mengenai Mark of Mastery Exam, sehingga masih banyak bagian dari cerita yang belum di ketahui. Uniknya, disebutkan bahwa cerita dalam Kingdom Hearts 3D bakal memiliki keterkaitan dengan Kingdom Hearts III yang bahkan belum digarap!!


BRAND NEW WORLDS
Untuk game ini pihak Square Enix telah menyiapkan sejumlah tempat yang dapat gamer jelajahi. Beberapa diantaranya pernah hadir dalam seri Kingdom Hearts sebelumnya (contohnya Traverse Town dan Destiny Island), namun semua dunia Disney yang ditampilkan di sini adalah baru. Diantaranya adalah La Cité des Cloches yang dibuat berdasarkan film The Hunchback of Notre Dame), Country of the Musketeers, Prankster's Paradise, Symphony of Sorcery (yang ber-setting di masa lalu) serta The Grid yang dibuat berdasarkan film Tron: Legacy.

Yang menarik, tiap dunia menawarkan misi yang beragam dan juga keunikan tersendiri bagi permainan. Misalnya sewaktu menjelajahi di The Grid, kalian terkadang akan menjalani pertarungan di langit-langit yang membuat semuanya tampak terbalik maupun mengendarai Light Cycle. Sementara dalam Country of the Musketeers, kalian harus menolong The Three Musketeers (Mickey, Donald dan Goofy) menyelamatkan Princess Minnie yang ditawan oleh Pete serta Beagle Boys (alias Gerombolan Siberat). It's gonna be exciting, gamers!!


UNIQUE GAMEPLAY  ELEMENTS
Walau inti permainannya tetap sama namun Kingdom Hearts 3D mempunyai banyak fitur baru dalam gameplay-nya. Apalagi Tetsuya Nomura menyatakan bahwa gaya permainannya bakal sama dengan Final Fantasy Versus XIII, dan elemen-elemen yang tidak bisa dipakai digunakan dalam Versus nantinya akan dialihkan kepada Kingdom Hearts 3D. Yang pertama adalah Dual Protagonist, di mana kalian bakal bermain sebagai Sora juga Riku.

Kalian bakal bergantian memainkan kedua karakter dalam menjalani petualangannya tersendiri, di mana hal ini berhubungan dengan Drop Gauge. Saat bermain sebagai Sora, jika gauge tersebut mencapai angka nol maka ia akan memasuki sleep mode di mana permainan kemudian beralih pada Riku; begitu pula sebaliknya. Selama proses Drop berlangsung, Drop Prizes yang bisa gamer temukan (selain Munny, MP atau HP Orb) bakal dirubah menjadi point yang dapat dipakai untuk meningkatkan stats maupun membuka skill karakter yang kita mainkan selanjutnya. By the way, Drop juga bisa kita aktifkan secara manual, dan kita tidak bisa memainkan game ini hanya dengan menggunakan Sora atau Riku saja.

Agar aksi-aksi yang ditampilkan terasa lebih luwes dan spektakuler, Squre Enix juga telah menyertakan fitur Free-Flow yang memungkinkan gamer bergerak bebas dan menggunakan beragam objek yang terdapat dalam environment untuk melewati rintangan, atau bahkan ketika menyerang musuh sekalipun!! Dengan begitu maka baik Sora atau Riku dapat melakukan beragam gerakan akrobatis yang spektakuler.


THE DREAM EATERS
Kingdom Hearts 3D juga menghadirkan makhluk baru yang dinamakan Dream Eaters, yang terbagi dalam 2 jenis yakni Nightmare (jahat) dan Spirit (baik). Yang menarik, karena Donald dan Goofy tidak lagi muncul sebagai playable character maka selama dalam petualangannya, Sora dan Riku bakal didampingi oleh dua Spirit. Menurut screenshot yang beredar, Sora bakal ditemani oleh Wonder Meow  sementara Riku didampingi Bat Bat. Uniknya, dalam permainan pendamping kalian bukan hanya Wonder Meow atau Bat Bat saja, karena nantinya ada banyak Spirits lainnya yang dapat ditangkap dan dijadikan sebagai pet.

Jadi, kegunaan dari Dream Eaters yang mendampingi kalian hanya sekedar pet? Tentu tidak, karena ternyata mereka mempunyai peranan yang cuku besar dalam pertarungan. Dalam Kingdom Hearts 3D terdapat Link System yang memungkinkan gamer untuk melancarkan serangan khusus bersama Spirit yang jadi partner-mu (disebut Link Attack). Saat gamer di dampingi oleh Tsunakeratops misalnya, dia bakal berubah menjadi bola berduri yang mampu menggilas musuh-musuh di depannya. Sementara dengan memilih Handsome Pegasus sebagai partner-mu maka Sora atau Riku akan menunggangi Dream Eater tersebut untuk menabrak lawan dalam kecepatan tinggi. Ada pula serangan Dark Fierce milik Bat Bat yang memberikan sepasang cakar di tangan jagoanmu, Ghost Vacuum milik Ghost Clown yang bisa menghisap lawan lalu memuntahkannya ke arah musuh lain, dan Trap Shot milik Scissors Beetle di mana ia berubah menjadi sejenis turret dan menembakkan peluru yang dapat memperlambat gerakan lawan. Hebatnya, jika kalian didampingi oleh 2 Dream Eater dan Link gauge keduanya penuh, kita bahkan dapat melancarkan Dual Link Attack. Nice!!

Disamping itu, selain ditangkap, kalian juga dapat menciptakan Dream Eater sendiri karena Square Enix juga telah menyertakan fitur Dream Eater Breeding dalam permainan. Dengan menemukan "bahan baku" untuk monster tertentu maka kalian dapat menciptakan Spirit yang baru kemudian memberinya nama sesuai dengan keinginan. Selain itu, material tadi juga bisa digunakan untuk meng-upgrade Dream Eater yang kalian miliki agar stats-nya makin berkembang. Hal itu memungkinkan gamer untuk menggunakan Link Attack yang lebih dahsyat. Uniknya, Kingdom Hearts 3D juga dilengkapi dengan AR functionality sehingga gamer dapat bermain-main dengan Dream Eaters yang kalian miliki. Bahkan saat perilisannya nanti, gamer di Jepang yang berhasil mendapatkan launch copy Kingdom Hearts 3D bakal mendapatkan 3 buah AR Card yang bisa dipakai untuk membuka 3 Dream Eater unik, lengkap dengan Link Attack-nya tersendiri, yakni Kingda Nyan, Kumada Dai-Circus serta Nekkupoi.


MOST AMAZING GRAPHICS
Walau dirilis untuk konsol handheld tapi Square Enix bakal menggunakan semua kemampuan 3DS untuk menghasilkan tampilan yang mantap di mana (menurut infonya) bahkan melebihi kualitas grafik konsol PS2. Tidak hanya itu, melalui 3D technology pada handheld tersebut kita dapat merasa ketegangan ketika Sora atau Riku melompat dari tempat tinggi, maupun ketika terbang menempuh jarak yang jauh. Dan desain para Dream Eaters yang berwarna-warni juga bakal menambah semarak suasana permainan Kingdom Hearts 3D.

Hanya ada satu hal yang mengecewakan, yakni: gamer di Indonesia pasti tidak bisa mendapatkan 3 AR Card khusus seperti gamer di Jepang, karena belum ada info yang jelas apakah ketiga card tadi juga bakal dirilis di luar Jepang.

http://www.megindo.net/gamestation/preview/kingdom-hearts-3d-dream-drop-distance/ ini gan sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar